Tuesday 22 January 2013

Ingin Menghemat Pengeluaran? Rawatlah Aki Anda

 

Aki motor anda soak? Mungkin anda lupa melakukan perawatan rutin terhadap aki anda sehingga aki anda menjadi rusak dan tidak bisa memberikan tenaga untuk mengaktifkan CDI yang bertugas mengatur waktu pengapian. Mungkin bagi anda yang menggunakan motor suzuki masih bisa menstarter motor meskipun tanpa aki tapi harus dengan usaha lebih tentunya karena harus menggunakan engkol atau kick starter.


Mengapa kita harus merawat aki? karena aki merupakan salah satu sumber tenaga yang memberikan aliran listrik terhadap CDI. Selain itu aki juga mempunyai peranan penting pada salah satu jaringan komponen yang mengaktifkan kerja sistem pengapian. Lebih tepatnya pada sistem pengapian pada sepeda motor saat ini yang menggunakan sistem pengapian CDI bekerja dengan arus DC atau arus listrik searah. Jadi berlawanan dengan listrik yang dihasilkan mesin yaitu arus AC atau arus listrik bolak balik. Dari arus AC ini selanjutnya akan  diubah menjadi DC melalui rektifier (dikenal secara umum dengan nama Kiprok) maka sifat listrik menjadi DC. Selain itu, tegangan listrik yang di hasilkan dari generator, regulator dan rektifier akan stabil. Jadi, apabila aki di cabut atau kondisinya sudah rusak maka untuk mengaktifkan CDI pasokan listrik akan diambil langsung dari reaktifier (kiprok). CDI yang yang terdiri dari komponen elektronik tidakdapat mencerna arus listrik ini secara terus menerus andai dipaksakan maka kiprok akan rusak atau mati.

Aki merupakan sparepart motor yang termasuk mahal begitu juga dengam Kiprok sehingga jika aki tidak di rawat dengan baik aki akan cepat rusak yang mana akan menyebabkan Kiprok rusak juga. Jika kedua komponen itu rusak pastinya akan dibutuhkan biaya yang mahal unutk mengganti kedua sparepart tersebut. Oleh karena itu untuk menghindari pengeluaran biaya berlebih dan menjaga keawetan Aki dan Kiprok rawatlah baik baik Aki anda.

No comments :

Post a Comment