Saturday 16 March 2013

Merawat Rantai Motor Terutama Setelah Banjir

 

merawat rantai motor setelah hujan
Bagi pengguna motor khususnya motor bebek pasti pernah merasakan ketidaknyamanan karena disebabkan oleh rantai motor yang kotor. Ketidaknyamanan itu biasanya berupa suara berisik, rantai kendur bahkan kalau parah bisa berupa rantai motor putus karena berkarat. Karat yang terdapat pada rantai motor ini biasanya disebabkan oleh air hujan yang menggenang (banjir). Untuk itu agar terhindar dari ketidaknyamanan pada motor anda sebaiknya lakukan perawatan rantai motor terutama setelah banjir.


Perawatan rantai motor selain berfungsi untuk kelancaran jalannya motor juga bertujuan untuk menjaga keawetan rantai motor sehingga kendaraan akan terasa nyaman dan kita bisa menghemat pengeluaran. Perawatan rantai motor sangat mudah dilakukan bahkan siapa saja bisa melakukanya, kita bisa melakukanya sendiri atau meminta mekanik di bengkel untuk melakukan perawatan rantai saat kita melakukan servis rutin. Tapi jika rantai terkena genangan air hujan (banjir) alangkah baiknya anda lahukan perawatan sendiri dengan membersihkan bagian rantai secara menyeluruh. Rantai yang terkena air hujan, bukanya tambah basah tetapi malah kering dan bisa terjadi korosi ( karatan ). Jika sudah karatan maka rantai akan cepat rusak, rantai mudah aus.

Oleh karena itu agar rantai anda tidak cepat rusak alangkah baiknya anda melakukan beberapa perawatan terhadap rantai sesuai dengan beberapa tips di bawah ini.


  1. Sesuaikan setelan rantai dengan pengaturan setelan yang seimbang, tidak terlalu kencang dan tidak terlalu kendur. Periksa pin sambungan rantai dan bersihkan jika terdapat kotoran debu yang terdapat pada pin sambungan.
  2. Bersihkan rantai motor dari debu dan kotoran yang menempel agar rantai motor tidak berkarat dan mudah aus. karena rantai yang kotor cepat kering dan korosif. Pembersihan bisa dilakukan satu bulan sekali. langsung lakukan pembersihan setelah rantai terkenang air hujan untuk meghindari karat.
  3. Setelah rantai motor bersih berikan pelumas, tidak sembarang pelumasan yang kebanyakna orang salah memberikan pelumas dengan oli bekas. Pemberian pelumas harus dengan cairan khusus pelumas rantai / chain lube. 
Dengan melakukan beberapa langkah perawatan sesuai dengan cara yang telah disebutkan di atas, diharapkan rantai tetap bersih dan terga keawetanya sehingga motor terasa nyaman saat dikendarai dan penghematan pengeluaran untuk pembelian rantai yang putus bisa di tekan. Semoga beberapa tips diatas bisa bermanfaat dan membantu kita dalam perawatan motor terutama rantai motor.



No comments :

Post a Comment